bizzy image blog

Serupa Warung Pintar, Aplikasi Ini Bantu Tingkatkan Penjualan Toko UMKM

Marketplace di sektor business-to-business Bizzy memperluas layanannya ke bidang distribusi. Di dalamnya, terdapat produk aplikasi TokoSmart yang punya target mendigitalisasi 1 juta toko UMKM di Tanah Air.

TokoSmart mengudara pada Januari 2019. Hingga Juli ini, perusahaan mencatat sudah ada 18.992 outlet yang memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Sudah meluncur di 26 lokasi (yang tersebar di) Jawa, Sumatera, Sulawesi, Makassar, dan Samarinda. Selanjutnya akan kami roll out secara nasional," kata CEO Bizzy Distribution, Harsinto Huang di kantornya, Sudirman, Jakarta (23/7/2019).

Secara merinci, TokoSmart sudah menghimpun gross merchandise value (GMV) senilai Rp76,7 miliar. Sementara, sudah ada 39.627 pemesanan barang di aplikasi itu, menurut pernyataan perusahaan.

Baca Juga: Berkat Warung Pintar, Wajah Kelontong Jadi Lebih Segar

Harsinto berkata, "Kami investasi besar di digitalisasi. Salah satunya ke TokoSmart. Jadi, (UMKM) bisa order produk tanpa sales datang ke toko. Kami provide aplikasi ke peritel untuk order produk dari Bizzy."

Perusahaan mencatatkan kenaikan penjualan lebih dari 19% per bulan pada toko yang menggunakan TokoSmart. Lebih lanjut, frekuensi pemesanan juga meningkat lebih dari 30%. Jumlah barang yang dibeli turut meningkat lebih dari 20%, memicu kenaikan gross profit lebih dari 13%.

"Dibandingkan dengan traditional way, ini perkembangan dari segi digital dari KPI yang kami hitung hingga saat ini," jelas Harsinto lagi.

Sekadar informasi, produk di TokoSmart berasal dari 28 pemilik merek yang bermitra dengan Bizzy Distribution. Dengan begitu, peritel UMKM dapat membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan tidak memakan waktu lama.

Baca Juga: Sulit Dapat Modal? Ini Tips yang Perlu UMKM dan Startup Lakukan!

CEO Bizzy Group, Andrew Mawikere, menyampaikan, "Dengan TokoSmart, kami bisa dorong competititive product untuk jadi pilihan para toko-toko, untuk kemudian dijual lagi."

Bizzy Distibution mendistribusikan empat kategori produk, meliputi produk dapur, minuman dan makanan, alat tulis kantor, dan kebutuhan personal dan perawatan.

Akhir tahun nanti, layanan Bizzy Distribution akan terintegrasi ke situs marketplace bizzy.co.id. Saat ini, proses penyatuan tersebut kasih diproses oleh