Mengenal Alat-alat Logistik: Berikut 4 Jenis Alat yang Biasa Digunakan Untuk Material Handling

Beberapa Jenis Alat Logistik – Pergudangan merupakan salah satu faktor terpenting untuk kelancaran bisnis. Terutama jika Anda berkecimpung di dalam jasa penyediaan barang-barang dengan skala besar. Logistik menyentuh hampir semua sektor dan mendapat perhatian paling utama dari para pelaku bisnis.

Aktivitas yang terdapat di dalam pergudangan tersebut umumnya disebut dengan aktivitas logistik karena meliputi perpindahan atau pergerakan barang. Gudang merupakan sarana atau tempat penyimpanan yang strategis agar seluruh pergerakan pengiriman barang dapat berjalan lancar dan juga efisien.

Faktor terpenting yang harus dimiliki oleh logistik adalah efisiensi karena faktor ini yang memengaruhi kelancaran perputaran barang. Agar tercipta keadaan kondusif dan efisien dalam aktivitas logistik, maka pergudangan membutuhkan alat bantu yang dapat memperlancar kegiatan angkut mengangkut, memindahkan barang atau meletakkan suatu barang dengan rapi dan benar.

Terhambatnya kegiatan memindahkan barang-barang berat di gudang dapat diatasi oleh material handling. Hal yang harus diperhatikan dalam material handling adalah adanya alat angkut atau transportasi angkut yang memadai baik  itu dari segi manual, semi otomatis dan otomatis. Material handling memastikan bahwa tenaga manusia hanya digunakan sedikit sehingga kelancaran perpindahan atau peletakkan produk atau barang-barang bisnis Anda.

Sebaiknya Anda mengetahui fungsi dari masing-masing material handling agar aktivitas logistik lebih terarah. Nah, apa saja alat-alat yang termasuk dalam kategori material handling? Berikut perangkat material handling yang harus terdapat di dalam gudang.

  1. Container

Container merupakan tempat untuk meletakkan berbagai barang-barang agar dapat mudah diangkut dan dipindahkan ke tempat tertentu. Kelebihan dari container adalah memiliki material yang cukup kuat dan tahan di semua cuaca sehingga barang yang tersimpan di dalamnya tidak mengalami kerusakan yang berarti.

  1. Forklift

Untuk memindahkan barang dengan ukuran yang lebih kecil namun memiliki bobot yang lumayan berat, forklift kerap digunakan dalam aktivitas pergudangan. Termasuk ke dalam kategori transportasi untuk di logistik, forklift sangat berguna untuk memindahkan barang seperti peti kemas, onderdil mobil atau kardus-kardus air mineral dengan ringkas dan efisien. Jangkauan jarak yang dapat ditempuh oleh forklift lumayan jauh dan sangat memudahkan dalam memindahkan barang-barang tersebut.

 

Lihat kategori produk forklift dari kami di sini

Forklift

  1. Hand Lift/Hand Truck

Alat ini mempunyai kegunaan serupa dengan forklift namun yang membedakan ialah jika forklift menggunakan tenaga mesin yang dioperasikan oleh manusia, hand lift/hand truck sepenuhnya dioperasikan menggunakan pengarahan dari operatornya yang bersifat manual.

  1. Crane

Beberapa gudang memiliki sistem crane tersendiri agar memudahkan pengangkatan dan pemindahan berbagai macam barang-barang berat yang tidak mampu diangkut oleh perangkat gudang lainnya. Biasanya crane digunakan juga untuk memperlancar proyek konstruksi.

crane

Efisiensi Merupakan Nyawa Dari Kesuksesan Logistik

Tidak dapat dipungkiri, bahwa nyawa dari kesuksesan dan kelancaran aktivitas pergudangan atau logistik terdapat pada faktor efisiensi pengaturan barang-barang di dalam gudang.

Dengan hadirnya alat-alat material handling di atas, efisiensi semakin dapat diwujudkan. Agar memudahkan Anda dalam menemukan kebutuhan alat-alat material handling, Bizzy menyediakan berbagai macam pilihan dari merek-merek terkenal seperti Dalton atau Prestar yang dapat Anda temukan di sini.